Blog

Home   /   blog   /   2 Cara Membuat Database dengan MySQL (Beserta Gambar Panduannya)

2 Cara Membuat Database dengan MySQL (Beserta Gambar Panduannya)

Dalam membuat database, kita akan mengenal yang namanya MySQL. Yup, salah satu relational database management system (RDBMS) yang populer di kalangan programmer ini merupakan salah satu database yang sudah berumur lama. Awalnya, MySQL diciptakan oleh Michael Widenius, sebelum akhirnya diakusisi oleh Oracle dan kini sudah memiliki saudara yang bernama MariaDB.

Meskipun begitu, MySQL masih banyak digunakan di kalangan developer aplikasi. Selain itu, beberapa kampus IT terbaik di Indonesia pun masih banyak yang mengajarkan pengelolaan database menggunakan MySQL. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara-cara mengelola database menggunakan MySQL.

Nah, pastinya sebelum Anda mengelola database, Anda perlu membuat databasenya, kan? Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai cara membuat database dengan MySQL. Cara-cara yang akan kami jelaskan berikut ini bisa juga Anda manfaatkan untuk mengelola database yang berada di server web atau hosting yang Anda sewa. Mari kita simak cara-caranya:

Membuat Database Melalui cPanel

cPanel adalah sebuah panel kontrol web yang disediakan oleh layanan hosting untuk memudahkan pemilik website dalam melakukan pengaturan melalui tampilan web. Pada cPanel ini, tersedia berbagai macam tool yang bisa digunakan untuk mengontrol dan menjalankan website, salah satunya adalah tool untuk membuat database. Jika Anda menggunakan web hosting yang menggunakan cPanel, Anda dapat membuat database dengan mudah melalui menu yang tersedia untuk melakukan pengaturan database.

Tampilannya yang sederhana, membuat pengelolaan website melalui cPanel menjadi cukup mudah untuk dilakukan, bahkan oleh pengguna baru. Selain untuk membuat database baru, Anda juga bisa mengelola email, mengupload file-file keperluan website, dan lainnya, melalui cPanel ini.

Oke, mari kita ikuti cara-cara membuat database dengan mySQL melalui cPanel berikut ini:

1. Lakukan login ke cPanel dari website yang Anda punya

2. Kemudian klik menu “MySQL Databases” yang berada pada kolom “Databases”

3. Masukkan nama database baru yang akan dibuat pada kolom “New Database”. Lalu, klik tombol “Create Database” untuk membuat database baru. Oh iya, pastikan database baru yang Anda buat tidak memiliki nama yang sama dengan database yang sudah ada.

4. Kembali ke halaman sebelumnya dengan mengklik tombol “Go Back”.

5. Tambahkan user (pengguna) baru pada bagian “Add New User”. Isi nama user pada kolom “Username” dan password pada kolom “Password”. Lalu, klik tombol “Create User”.

6. Klik “Go Back” untuk kembali ke halaman sebelumnya.

7. Jika database dan user sudah dibuat, selanjutnya adalah menambahkan user pada database yang telah dibuat. Pada bagian “Add User To Database”, pilih user dan database melalui menu drop down yang telah dibuat. Lalu klik tombol “Add” untuk menyimpan perubahan.

8. Centang pilihan “ALL PRIVILEGES”. Lalu klik tombol “Make Changes” untuk menyimpan perubahan.

Membuat Database Melalui Command Prompt

Selain melalui cPanel, Anda juga bisa membuat database MySQL melalui perintah command prompt di localhost. Cara membuat database dengan MySQL satu ini sangat membantu ketika Anda ingin melakukan pengembangan website tanpa harus terhubung ke internet. Anda hanya perlu menginstal MySQL di komputer yang Anda gunakan, lalu Anda tinggal menjalankan perintah melalui command prompt untuk membuat database MySQL.

Ada dua dari macam-macam software database yang bisa Anda gunakan untuk membuat database melalui Command Prompt. Pertama dengan WAMPServer, dan kedua menggunakan XAMPP atau MariaDB. Ini dia penjelasannya:

a. WAMPServer

Sebelum mempraktekan cara satu ini, instal dahulu WAMPServer di komputer Anda. Anda bisa mendownloadnya melalui link berikut. Setelah diinstal, baru Anda bisa menjalankan WAMPServer dan mengikuti cara membuat database di MySQL berikut ini:

1. Untuk membuka Command Prompt, Anda bisa melalui menu Run. Caranya, tekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian ketik “cmd” (tanpa tanda kutip), dan tekan tombol Enter.

2. Setelah masuk ke jendela Command Prompt, ketik perintah “cd c:\wamp64\bin\mysql\mysql5.7.19\bin” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Perintah ini harus disesuaikan dengan lokasi instalasi WAMP Server dan versi MySQL yang terinstal pada komputer Anda. Pada contoh kali ini, kami menginstalnya di direktori C:\ dengan versi MySQL 5.7.19.

3. Ketik perintah “mysql -u root” (tanpa tanda kutip) dan tekan tombol Enter.

4. Untuk membuat database baru, ketik perintah “create database <namadatabaseanda>”. Lalu, tekan Enter.

5. Untuk menampilkan daftar database, ketik perintah “show databases” dan tekan Enter.

b. XAMPP

Berikut ini kami akan jelaskan cara membuat database dengan mySQL menggunakan MariaDB. MariaDB sendiri merupakan database yang dikembangkan dari MySQL.

1. Lakukan instalasi XAMPP di komputer Anda.

2. Setelah XAMPP terinstal, jalankan XAMPP dan klik tombol “Start” pada baris “MySQL”.

3. Untuk membuka Command Prompt, Anda bisa melalui menu Run. Caranya, tekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian ketik “cmd” (tanpa tanda kutip), dan tekan tombol Enter.

4. Pada jendela Command Prompt, ketik perintah “cd c:\xampp\mysql\bin” kemudian tekan Enter pada keyboard. Perintah ini harus disesuaikan dengan lokasi instalasi XAMPP yang terinstal pada komputer Anda.

5. Ketik perintah “mysql -u root” dan tekan Enter

6. Untuk membuat database, ketik perintah “create database <namadatabase>”, lalu tekan Enter.

7. Untuk melihat database yang sudah Anda buat, ketik perintah “show databases” dan tekan Enter pada keyboard.

Repetisi

Dari semua langkah yang kami berikan di atas, intinya adalah untuk membuat database dengan mySQL, caranya cukup mudah. Anda tidak perlu mempelajari gimana membuat aplikasi database dengan bahasa pemrograman tertentu. Anda hanya akan mempelajari SQL murni dan fokus pada sisi database saja.

Untuk membuat database di MySQL, perintahnya adalah sebagai berikut:

CREATE DATABASE bioskop;

Jika berhasil, Anda dapat melihat database yang telah dibuat dengan perintah berikut:

SHOW DATABASES;

Nah, sekarang kami akan jelaskan sedikit mengenai cara membuat tabel database mySQL dari database yang telah Anda buat. Loh, kok buat apa? Salah satu komponen database satu ini akan digunakan untuk mengisi database yang telah Anda isi. Pada contoh kali ini, kami akan membuat beberapa tabel yang akan digunakan untuk menangani pembelian tiket film menggunakan database yang telah dibuat sebelumnya. Berikut ini skrip yang akan Anda masukkan ke dalam database:

CREATE TABLE operator(
id VARCHAR (20) NOT NULL,
nama VARCHAR (50) NOT NULL,
password VARCHAR(100) NOT NULL,
created_at DATETIME NOT NULL,
updated_at TIMESTAMP,
PRIMARY KEY (id)
);

CREATE TABLE film (
id VARCHAR (20) NOT NULL,
judul VARCHAR (50) NOT NULL,
deskripsi TEXT,
rating VARCHAR (50) NOT NULL,
produksi VARCHAR(100) NOT NULL,
distributor VARCHAR(100) NOT NULL,
durasi INT NOT NULL,
country VARCHAR(50) NOT NULL,
created_at DATETIME NOT NULL,
updated_at TIMESTAMP,
PRIMARY KEY (id)
);

CREATE TABLE teater (
id VARCHAR (20) NOT NULL,
nama VARCHAR (50) NOT NULL,
created_at DATETIME NOT NULL,
updated_at TIMESTAMP,
PRIMARY KEY (id)
);

-- foreign key: teater_id
CREATE TABLE kursi (
id VARCHAR (20) NOT NULL,
nama VARCHAR (50) NOT NULL,
teater_id VARCHAR(20) NOT NULL,
created_at DATETIME NOT NULL,
updated_at TIMESTAMP,
PRIMARY KEY (id)
);

-- foreign key: film_id, teater_id
CREATE TABLE jadwal (
id VARCHAR (20) NOT NULL,
hari VARCHAR (50) NOT NULL,
jam VARCHAR(20) NOT NULL,
harga INT NOT NULL,
film_id VARCHAR(20) NOT NULL,
teater_id VARCHAR(20) NOT NULL,
created_at DATETIME NOT NULL,
updated_at TIMESTAMP,
PRIMARY KEY (id)
);

-- foreign key: operator_id, jadwal_id, kursi_id,
CREATE TABLE transaksi (
id VARCHAR(20) NOT NULL,
operator_id VARCHAR(20) NOT NULL,
jadwal_id VARCHAR(20) NOT NULL,
kursi_id VARCHAR(20) NOT NULL,
jumlah_dibayar INT NOT NULL,
kembalian INT NOT NULL,
created_at DATETIME NOT NULL,
PRIMARY KEY (id)
);

Jika berhasil, seharusnya Anda dapat melihat daftar tabel yang telah dibuat dengan perintah berikut:

SHOW TABLES;

Sekian artikel kami kali ini seputar cara membuat database dengan mySQL. Semoga tutorial yang kami berikan pada artikel kali ini dapat Anda ikuti dengan sukses. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *