Blog

Home   /   blog   /   Angka Nol didepan (Zero Padding) dengan PHP

Angka Nol didepan (Zero Padding) dengan PHP

Zero padding (Angka Nol didepan) merupakan penambahan angka Nol di depan angka. Zero padding biasanya digunakan untuk memformat bilangan dengan diawali angka 0 (nol) dengan tujuan menghasilkan jumlah digit yang tetap (konsisten). Dalam bahasa pemrograman PHP dapat digunakan untuk menampilkan integer dalam format zero-padded langsung ditampilkan pada klien atau untuk digunakan pada proses selanjutnya misalnya sebagai parameter pada fungsi lain yang dibuat.

Pada beberapa kasus, seorang pengembang aplikasi, dihadapkan kepada persoalan, manajemen angka/bilangan. Dimana dia diminta oleh konsumennya, untuk menerapkan penggunaan jumlah digit yang sama, pada seluruh angka/bilangan, yang diproses pada aplikasinya. Misalnya, nilai suatu proses adalah 1234, karena ditetapkan digit sebanyak 6 digit, maka hasilnya harus 001234, dan bukan 1234.

Untuk menghasilkan format zero-padded pada PHP, dapat menggunakan fungsi sprintf(). Misalnya seperti kasus diatas kita akan memformat suatu integer dan string dalam format zero-padded dengan panjang digit 6, penggunaannya adalah :

$bilangan=1234; // Nilai Proses
$angka = sprintf("%06d", $bilangan);
echo "$angka "; // Hasil 001234

Dalam function sprintf, dapat digunakan tipe angka selain desimal, berikut tipe angka dan format yang dapat digunakan pada function sprintf :

1. %s = String.
2. %d = desimal.
3. %x = hexadesimal.
4. %o = Octal.
5. %f = Float.

Selamat mencoba kawan  🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *