Blog

Home   /   blog   /   Belajar dengan WordPress Portable

Belajar dengan WordPress Portable

Kini ada solusi baru yang bisa dimanfaatkan bagi yang sedang belajar wordpress. Tak perlu lagi install xampp, appserv dan sejenisnya untuk menjalankan wordpress, karena sekarang sudah ada wordpress portable yang membundling semua paket menjadi satu dan bisa dijalankan dari flash disk pula.

Ada beberapa aplikasi webserver portabel dengan WordPress yang sudah terpasang didalamnya. Hal ini memungkinkan anda untuk melakukan pengembangan WordPress langsung dari flashdisk kesayangan anda.

Sebelumnya saya menekankan bahwa webserver dengan WordPress portable sangat tidak dianjurkan untuk menjadi webserver produksi, alias tidak direkomendasikan untuk di online-kan.

Berikut beberapa wordpress portable yang bisa dicoba:

1. MiniServer WordPress

MiniServer dikembangkan oleh tim The Uniform Server (tim yang terkenal mengembangkan webserver portable : Uniform Server). Sayangnya, tim ini tidak lagi mengupdate versi apache, mysql, php, dan wordpress didalam MiniServer WordPress.

Download : http://sourceforge.net/projects/miniserver/files/MiniServer/MiniServer_%20Wordpress/

Setelah di download, anda cukup mengekstrak nya kedalam flashdisk dan ikuti petunjuk yang terdapat didalam file readme.

2. WordPress Portable

WordPress Portable menggunakan WAMP yang di preinstal dengan WordPress. Cukup download, kemudian ekstrak kedalam flashdisk anda. Untuk memulai WordPress, klik 2 kali file di folder utama WordPress Portable.

WordPress portable versi terakhir menggunakan WordPress 3.3.1, Apache 2.2.11, PHP 5.2.8, dan MySQL 5.0.24a. WordPress Portable ideal bagi anda yang ingin mencoba fitur dari WordPress versi terbaru, menguji coba tema, showcase kepada klien anda, atau sekedar menguji coba plugins.

Homepage : http://wordpress-portable.webnode.com/

Download : http://www.box.com/s/9yvmcbk6oduv0ginqvfc (10,9 Mb)

3. Instant WordPress

Instant WordPress berjalan menggunakan Apache, PHP dan MySQL. Versi terakhir Instant WordPress adalah 4.1 didukung dengan :

WordPress 3.2
Apache 2.2.15 (Win32)
PHP 5.3.2
MySQL 5.1.46-community-nt
Dummy contents
Yang menarik adalah adanya dummy content, yaitu posting dan comment dummy. Fitur ini mempermudah kita saat mengujicoba penggunaan tema.Akan tetapi, dibandingkan dengan wordpress portable lainnya, Instant WordPress memiliki ukuran yang lebih “gemuk”.

Homepage : http://www.instantwp.com/
Download : http://www.instantwp.com/go/instantwp41/ (54,2 Mb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *