Blog

Home  /  blog  /  Cara dan Kegunaan dari Split String dengan VB.Net

Cara dan Kegunaan dari Split String dengan VB.Net

tutorial menarik tentang kegunaan dari split string. Sesuai dengan pengalaman yang pernah saya alami, ada beberapa kasus yang harus memaksa saya untuk menyimpan data berupa array ke database. Awalnya bingung kalau memakai pemrograman VB.Net mengubah data string menjadi array secara cepat itu bagaimana? Cari sana sini akhirnya ketemu dengan teknik ini yaitu split string.

Sekarang saya akan memberikan contoh kasusnya. Jadi ceritanya saya punya database dengan record data seperti ini gambar di bawah ini:

Coba perhatikan record data pada tabel article, di field/kolom categories terdapat data yang bernilai angka dengan pemisah koma. Data apa itu? Mereka merupakan angka yang di dapat dari id_category milik tabel categories jadi disini saya asumsikan data tersebut mempunyai relasi secara tidak langsung.

Nah sekarang apa permasalahannya? saya ingin ketika menampilkan record data article, nanti juga akan muncul nama-nama dari category yang ada di data article-nya. Bagaimana caranya? Saatnya beraksi ūüėÄ Kita akan menggunakan teknik¬†Split String¬†sebagai solusi dari permasalahan dalam kasus saya ini.

Saya asumsikan kalian telah mengenali dasar-dasar pemrograman VB.Net dan cara mengoperasikan aplikasi Visual Studio. Disini saya mencoba tanpa menggunakan database terlebih dahulu, saya akan menggantinya dengan database lokal yaitu dengan variable, hehe. Agar sobat yang masih awam jadi lebih mengerti dan fokus dengan materi ini. Jadi langsung saja buat Proyek baru dengan nama terserah sobat. Kemudian kita buat tampilan aplikasi seperti ini:

Cuma menggunakan¬†Label¬†saja dan beberapa perubahan pada¬†Properties¬†Jangan lupa untuk mengubah properties (name) dari object label yang teksnya¬†Label Kosong¬†itu, diberi nama boleh sesuai dengan keinginan. Selanjutnya kita langsung buat coding programnya di dalam Public Class milik Form…

1
Dimarticle()AsString= {"Tutorial Testing","isi konten","2,1,3"}<br>Dimcategories()AsString= {"Programming","VB.Net","Web","Mobile"}

Kita sudah membuat variabel secara global. Datanya sengaja saya taruh di variable array sebagai penggantinya database. Struktur data tetap sama hanya berbeda ID saja, jadi disini kita tidak menentukan ID dari datanya tapi ID-nya akan menggunakan index dari array. Kemudian kita buat Event Form Load. Dengan isi coding seperti ini:

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
Me.lbl_id.Text ="1"
Me.lbl_title.Text = article(0)
Me.lbl_content.Text = article(1)
Dimcategory()AsString= article(2).Split(",")
Dimtxt_categoriesAsString=""
ForEachvalAsIntegerIncategory
    If(val < categories.Length - 1)Then
        txt_categories &= categories(val - 1) &", "
    Else
        txt_categories &= categories(val - 1)
    EndIf
Next
Me.lbl_categories.Text = txt_categories

Dan taraa… ini hasil output dari programnya ūüėÄ

Bagaimana? Mungkin jika ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan dan silahkan download source code yang telah saya sediakan. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi semua pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked*