Blog

Home  /  blog  /  Cara Mengaktifkan Javascript di Android untuk Browser Terpopuler

Cara Mengaktifkan Javascript di Android untuk Browser Terpopuler

Javascript salah satu bahasa pemrograman web paling populer yang biasanya digunakan pada web browser untuk memunculkan konten-konten yang bersifat dinamis seperti pesan pop-up dan semacamnya. Seiring perkembangan dunia pemrograman, Javascript kini kian banyak digunakan oleh para developer web untuk menambahkan fungsi dari web yang dikembangkannya. Akibatnya, hampir semua halaman web sekarang ini sudah dibekali dengan konten Javascript di dalamnya.

Secara teknis, Javascript termasuk bahasa pemrograman web yang bersifat “Client Side Programming Language”. Maksudnya adalah proses pengolahan data pada bahasa pemrograman Javascript dilakukan oleh pengguna atau client menggunakan aplikasi client, berupa web browser. Sebagai bahasa pemrograman pada umumnya, tentu saja kelebihan dan kekurangan Javascript juga mengiringi penggunaan Javascript di web browser.

Sebagian besar konten interaktif di situs web dibuat dengan JavaScript. Mulai dari keranjang belanja pada situs belanja e-commerce, slider di website company profile, dan lainnya. Biasanya, Javascript diaktifkan di seluruh browser, tak terkecuali browser yang terinstal di perangkat Android. Namun karena suatu hal, bisa saja Javascript di browser dinonaktifkan tanpa sepengatahuan pengguna (dimatikan secara otomatis). Atau mungkin Anda mematikannya namun tidak tahu cara mengaktifkannya kembali. Sehingga, Anda harus mengaktifkannya kembali secara manual.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas berbagai cara mengaktifkan Javascript di Android, khususnya di beberapa web browser terbaik yang sering digunakan oleh pengguna Android. Berikut ini adalah cara-caranya:

1. Menggunakan Browser Bawaan Android

  • Bukalah browser bawaan pada perangkat Android Anda. Ketersediaan browser ini biasanya tergantung dari versi Android dan merek perangkat Android yang Anda gunakan. Browser bawaan biasanya memiliki nama aplikasi “Browser” atau “Internet”. Sentuh ikon browser untuk membukanya. Jika ikon browser tidak ada di layar Beranda perangkat Android Anda, cobalah periksa daftar aplikasi.
  • Sentuh tombol Menu pada browser. Biasanya tombol Menu pada browser bawaan perangkat Android berada di pojok kanan atas dari layar perangkat Android Anda.
  • Pilih “Settings” untuk membuka menu pengaturan browser. Opsi ini biasanya berada di bagian bawah Menu.
  • Pilih “Advanced”. Dalam opsi ini, Anda akan melihat opsi tingkat lanjut untuk browser bawaan Android yang Anda gunakan.
  • Beri tanda centang pada opsi “Enable JavaScript”. Setelah opsi tersebut dicentang, JavaScript pada browser akan aktif.
  • Anda bisa menutup menu “Settings”. Lalu, muat ulang (reload) halaman web yang sedang dibuka untuk melihat perubahan yang terjadi setelah Javascript diaktifkan.

2. Menggunakan Browser Google Chrome

  • Bukalah Google Chrome di perangkat Android Anda. Anda bisa menemukan ikon Google Chrome di layar Beranda atau daftar aplikasi di perangkat Android Anda. Umumnya, beberapa perangkat Android menjadikan Google Chrome sebagai browser bawaan. Alasannya tentu saja karena Android adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Google. Dan Google Chrome biasanya disematkan oleh produsen perangkat Android karena browser tersebut termasuk dalam aplikasi dan layanan dasar yang diberikan Google dalam distribusi sistem operasi Android.
  • Sentuh tombol Menu. Tombol Menu ini memiliki ikon berbentuk tiga tumpukan kotak vertikal, dan posisinya berada di pojok kanan atas layar perangkat Android Anda.
  • Pilih “Settings”. Menu Settings biasanya berada di bagian bawah layar. Anda mungkin saja perlu menggeser jendela Menu untuk menemukannya.
  • Pilih “Content settings”. Di tampilan menu Settings, cari opsi “Content Settings” yang biasanya berada di kategori “Advanced”.
  • Beri tanda centang pada opsi “Enable JavaScript”. Setelah opsi tersebut dicentang, JavaScript pada browser akan aktif.
  • Anda bisa menutup menu “Settings”. Lalu, muat ulang (reload) halaman web yang sedang dibuka untuk melihat perubahan yang terjadi setelah Javascript diaktifkan.

3. Menggunakan Browser Mozilla Firefox

  • Jika Anda menggunakan Mozilla Firefox sebagai browser, ketimbang browser bawaan Android, aktifkan JavaScript melalui menu konfigurasi. Berbeda dengan browser lain, pada Mozilla Firefox, pengaturan untuk mengaktifkan dan mematikan JavaScript tidak tersedia di menu pengaturan umum. Sebagai langkah pertama, cari ikon Firefox di layar utama atau daftar aplikasi di perangkat ponsel Anda. Lalu buka deh browsernya.
  • Selanjutnya, buka halaman pengaturan browser. Seperti yang kami bilang pada poin sebelumnya, karena pada browser Mozilla Firefox pengaturan JavaScript-nya disembunyikan, Anda harus mengakses halaman pengaturan yang tersembunyi di browser untuk mengubahnya. Untuk membuka halaman pengaturan, ketik “about:config” (tanpa tanda kutip) di kolom alamat browser. Patut diingat, dengan mengubah pengaturan browser melalui halaman konfigurasi, Anda siap menerima resiko kerusakan pada browser Firefox Anda. Oleh karena itu, Anda harus melakukan perubahan dengan hati-hati.
  • Temukan JavaScript. Karena halaman pengaturan browser memiliki banyak sekali opsi, Anda harus mencari opsi untuk mengaktifkan Javascript dengan fitur pencarian. Pilih kolom pencarian yang ada di atas halaman pengaturan dan ketikkan “javascript” (tanpa tanda kutip) untuk menemukannya.
  • Cari opsi “javascript.enabled”. Biasanya, opsi ini berada di posisi kedua dari terakhir pada hasil pencarian.
  • Pilih opsi tersebut untuk menemukan tombol. Kemudian, pilih “Toggle” untuk mengubah pengaturan dari “false” menjadi “true”. Nah, setelahnya, JavaScript pada browser Firefox Anda akan aktif. Muat ulang (reload) halaman web yang sedang dibuka untuk melihat perubahan yang terjadi setelah Javascript diaktifkan.
  • Jika suatu saat Anda hendak mengembalikan pengaturan tersebut ke kondisi awal, simak artikel kami seputar cara reset browser Mozilla Firefox ke pengaturan semula.

4. Menggunakan Browser Opera Mobile

Browser yang identik dengan browsernya “feature phone” ini ternyata juga memiliki versi aplikasi Androidnya juga loh. Ada yang namanya Opera Mobile dan Opera Mini. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara mengaktifkan Javascript di browser Opera Mobile saja. Mungkin, untuk Opera Mini caranya hampir sama, hanya saja berbeda tampilannya. Baiklah, berikut ini adalah cara-caranya:

  • Buka browser Opera Mobile pada perangkat Android Anda.
  • Pada tampilan browser Opera Mobile,  sentuh address bar dan ketik “opera:config” (tanpa tanda kutip). Jangan lupa untuk sentuh tombol Enter.
  • Selanjutnya akan muncul halaman pengaturan dari browser Opera Mobile. Ketikkan “scripting” pada kolom pencarian “Quick Find”. Lalu akan muncul kelompok pengaturan Extensions, tempat pengaturan “scripting” berada.
  • Beri tanda centang pada opsi “Scripting” lalu pilih tombol “Save”.
  • Pilih tombol OK saat jendela dialog muncul. Lalu, muat ulang (reload) halaman web yang sedang dibuka untuk melihat perubahan yang terjadi setelah Javascript diaktifkan.

Jadi, jika situs web yang Anda kunjungi menggunakan perangkat Android tidak dapat ditampilkan dengan sempurna, masalahnya bisa jadi karena add ons JavaScript yang dimatikan atau dinonaktifkan. Oleh karena itu, pastikan JavaScript pada browser di perangkat Android Anda, baik yang menggunakan browser bawaan ataupun browser dari aplikasi pihak ketiga, berada dalam kondisi aktif sebelum Anda mengunjungi halaman yang memerlukan JavaScript.

Sekian artikel kami kali ini seputar cara mengaktifkan Javascript di Android untuk beberapa web browser yang banyak digunakan oleh pengguna Android. Semoga informasi yang telah kami berikan di atas dapat menjadikan Anda semakin paham akan fungsi Javascript di dalam sebuah halaman website. Jika Anda sedang mempelajari bahasa pemrograman Javascript, Anda bisa membaca artikel kami seputar perintah dasar Javascript di situs kami ini. Selamat belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked*