Blog

Home   /   blog   /   Cara Menggunakan Jumlah Otomatis Di Ms.Excel

Cara Menggunakan Jumlah Otomatis Di Ms.Excel

Anda dapat menggunakan Jumlah Otomatis untuk menjumlahkan kolom atau baris atau angka dengan cepat. Pilih sel di samping angka yang ingin Anda jumlahkan, klik Jumlah Otomatis pada tab Beranda, tekan Enter (Windows) atau Return (Mac), dan selesai!

Jumlah Otomatis pada tab Beranda

Ketika Anda mengklik Jumlah Otomatis, Excel akan otomatis memasukkan rumus (yang menggunakan fungsi SUM) untuk menjumlahkan angka.

Catatan: Anda juga dapat mengetikkan ALT+= (Windows) atau ALT+ PERINTAH += (Mac) ke dalam sel, dan Excel akan menyisipkan fungsi SUM secara otomatis.

Inilah contohnya. Untuk menambahkan angka di bulan Januari dalam anggaran Hiburan, pilih sel B7, sel berada tepat di bawah kolom angka. Selanjutnya klik JumlahOtomatis. Rumus muncul di sel B7, dan Excel menyorot sel yang Anda jumlahkan.

Rumus dibuat dengan mengklik Beranda > JumlahOtomatis

Tekan Enter untuk menampilkan hasil (95.94) di sel B7. Anda juga bisa melihat rumus di bilah rumus pada bagian atas jendela Excel. Hasil Jumlah Otomatis di sel B7

 

 

 

 

 

 

Catatan:

Untuk menjumlahkan kolom angka, pilih sel yang berada tepat di bawah angka terakhir di kolom. Untuk menjumlahkan baris angka, pilih sel yang berada tepat di sebelah kanan.

Ketika Anda membuat rumus, Anda bisa menyalinnya ke sel yang lain daripada mengetiknya berulang kali. Sebagai contoh, jika Anda menyalin rumus di sel B7 ke sel C7, rumus di C7 secara otomatis menyesuaikan terhadap lokasi baru, dan menghitung angka di C3:C6.

Anda juga bisa menggunakan JumlahOtomatis pada lebih dari satu sel sekaligus. Sebagai contoh, Anda bisa menyorot baik sel B7 maupun C7, klik JumlahOtomatis, dan menjumlah di kedua kolom pada saat yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat