Blog

Home  /  blog  /  Cara Remote Raspberry Pi (SSH dan Localhost) Tanpa IP Static Yaitu Dengan Menggunakan Dataplicity

Cara Remote Raspberry Pi (SSH dan Localhost) Tanpa IP Static Yaitu Dengan Menggunakan Dataplicity

Kegiatan me-remote PC atau Laptop biasa dilakukan menggunakan SSH, VNC Viewer atau Teamviewer. kekurangan menggunakan salah satu opsi tadi adalah keterbatasan cakupan yang hanya bisa di akses melalui jaringan lokal atau jika menggunakan layanan Teamviewer harus mengatur konfigurasi yang lumayan memakan waktu. Dataplicity hadir sebagai layanan Remote Controlperangkat Raspberry Pi atau Linux PC dengan interface berbasis web yang mudah, cakupan luas, dan mobile.

Sebelum melakukan langkah-langkah di bawah ini, pastikan perangkat Raspberry Pi terhubung dengan jaringan internet via kabel LAN atau WiFi. Lalu, lakukan pendaftaran menggunakan email di situs Dataplicity. Setelah pendaftaran selesai maka lakukan lah langkah-langkah berikut.

1. Instalasi script melalui terminal Raspberry Pi untuk aktivasi Remote Shell. Buka aplikasi terminal di Raspberry Pi, lalu eksekusi perintah berikut:

curl https://www.dataplicity.com/33s5rgpt.py | sudo python

2. Atur kata sandi untuk akun email yang telah terdaftar layanan Dataplicity.Melalui link yang tersedia di kotak masuk email masukan kata sandi baru sembari menunggu script yang sedang mengkonfigurasi agent melaui terminal.

3. Setelah Dataplicity agent terinstal maka langkah selanjutnya buka situs Dataplicity dan pilih tab devices. Buka dulu alamat https://www.dataplicity.com/devices/ di browser, lalu pilih perangkat yang akan di remote pada halaman yang muncul. Catatan: jika ingin me-remote lebih dari satu perangkat maka pengguna harus memilih upgrade plan alias membayar biaya ekstra yang di tawarkan Dataplicity.

4. Mengakses Localhost pada port 80 tanpa Port Forwarding.

Pengguna dapat mengaktifkan fitur localhost melalui Wormholedengan menggeser Toogle Enabled Wormhole ketika layanan web server sudah aktif.

5. Berganti sesi ke mode root.

Ketikkan perintah:

su pi

Lalu masukan password root, maka kita akan langsung berpindah ke akun superuser.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked*