Blog

Home  /  blog  /  10+ Bahasa Pemrograman Untuk Membuat Sebuah Website

10+ Bahasa Pemrograman Untuk Membuat Sebuah Website

Mengapa Anda Sebaiknya Belajar Bahasa Pemrograman?

Terkadang ada beberapa pengaturan yang membutuhkan kemampuan pemrograman. Misalnya, mengubah beberapa baris kode sehingga tampilan sesuai dengan apa yang diinginkan pengguna. Beberapa kasus, ini akan membutuhkan kemampuan pemrograman sehingga tampilan dapat disesuaikan sesuai dengan apa yang diinginkan.

Sedangkan jika membuat website sendiri menggunakan bahasa pemrograman website yang dikuasai, tentunya akan memberikan keleluasaan untuk menyesuaikan tampilan dengan apa yang diinginkan.

Macam-Macam Bahasa Pemrograman Web  :

Berikut ini adalah bahasa pemrograman yang banyak dicari di Google dan PYPL PopularitY of Programming Language sebagai bahasa pemrograman untuk membuat website.

  • Java

Fungsi bahasa pemrograman java tidak hanya untuk membuat aplikasi desktop, namun juga digunakan untuk membuat aplikasi mobile.

 

  • Python

Python dikembangkan oleh Guido van Rossum pada tahun 1990 di Stichting Mathematisch Centrum (CWI), Amsterdam sebagai kelanjutan dari bahasa pemrograman ABC.

 

  • Javascript

Sejarah JavaScript dimulai sekitar tahun 1994, ketika internet dan website sedang mengalami perkembangan yang pesat.

 

  • PHP

kursus php & mysql di solo

Popularitas PHP sebagai bahasa pemrograman untuk website sebesar 8.22% pada pencarian di Google Search dan lebih dari 10 juta website di dunia sudah menggunakan bahasa ini.

  • C#

Pada akhir dekade 1990-an, Microsoft membuat program Microsoft Visual J++ sebagai sebuah langkah percobaan untuk menggunakan Java di dalam sistem operasi Windows untuk meningkatkan antarmuka dari Microsoft Component Object Model (COM).

 

  • C

Jika Anda seorang programmer, pasti sudah pernah mendengar bahasa pemrograman ini. Ya, C merupakan bahasa pemrograman yang sudah lama eksis di dunia komputer. Bahasa ini menjadi dasar dari pengembangan bahasa komputer lainnya.

  • R

Bahasa R pertama kali rilis pada tahun 1993, namun kepopulernya mulai muncul pada beberapa tahun ini untuk keperluan big data.

  • Objective-C

Objective-C merupakan bahasa yang berorientasi objek yang pada awalnya digunakan oleh Apple untuk mengembangkan perangkatnya. Itulah mengapa iOS dikembangkan dengan bahasa Objective-C.

  • Swift

Saat WWDC tahun 2014, bahasa Swift dikenalkan dan menjadi salah satu bahasa pemrograman yang populer di dunia.

  • Matlab

Selanjutnya adalah Matlab yang mempunyai persentase pencarian sebanyak 2.31 % hampir sama dengan bahasa Swift.

  • Ruby

Yukihiro merupakan programmer asal jepang yang membuat bahasa komputer Ruby.

  • TypeScript

TypeScript adalah suatu bahasa pemrograman yang dibangun berdasarkan JavaScript.

  • VBA

Microsoft Visual Basic for Applications (VBA) adalah sebuah turunan bahasa pemrograman Visual Basic yang dikembangkan oleh Microsoft dan dirilis pada tahun 1993

  • Scala

Apache Spark dibuat dengan bahasa pemrograman Scala yang dijadikan sebagai aplikasi untuk komputasi data berbasis klaster.

Bahasa Pemrograman Lainnya

  • HTML

Menggunakan HTML Anda dapat melakukan banyak hal saat membangun website, misalnya saja menyisipkan link, mengatur style dan struktur teks hingga membuat obyek di suatu halaman website.


Untuk mempercepat pemahaman ini, daftar segera kursus komputer di Edusoft Center. Ada puluhan paket kursus dengan trainer yg handal dan berpengalaman.

Info selengkapnya bisa hubungi

Office : 0271 745 2187
No XL : 08180 4542 586 (WA & Telegram Ada)
No Simpati : 082 22922 2121

atau

Bisa Langsung Registrasi Online lewat Formulir Online:
www.edusoftcenter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked*