Blog

Home  /  blog  /  Apa saja Kelebihan Dan Kekurangan Git?

Apa saja Kelebihan Dan Kekurangan Git?

Git adalah system kendali kode sumber (revision control system, atau version control system, atau VCS). Git pertama kali didesain dan dikoding oleh Bapak Linux sendiri, Linus Torvalds, tahun 2005 untuk menggantikan VCS komersialBitKeeper yang kala itudigunakan untuk mengatur kode sumber Linux. Karena tidak menemukan sistem lain yang lebih cepat untuk menangani kode sebesar kernel Linux, maka Linus menulis VCS sendiri. Karenanya, salah satu fitur utama git sejak awal adalah kecepatannya. Berbeda dari system kode sumber yang sudah terlebih dulu popular sebelumnya yaitu CVS dan Subversion, git tidak bersifat tersentralisasi melainkan terdistribusi. Artinya, setiap pengembang tidak hanya menyimpan working copy di computer anda.

Hampir semua operasi dilakukan secara local

Operasi pada Git hanya membutuhkan berkas-berkas dan  resource lokal – tidak ada informasi yang dibutuhkan dari komputer lain pada jaringan. Jika kalian terbiasa dengan VCS terpusat dimana kebanyakan operasi memiliki overhead latensijaringan, aspek Git satu ini akan membuat anda berpikir bahwa para dewa kecepatan telah memberkati Git dengan kekuatan. Karena anda memiliki seluruh sejarah dari proyek di lokal disk anda, dengan kebanyakan operasi yang  tampak hamper seketika.

Keunggulan dari Git :

  • Design yang sederhana
  • Mendukung dalam pengembangan non-linear(pengembanganparalel)
  • Sistem terdistribusi, peer to peer
  • Mendukung dalam proyek besar seperti Kernel Linux
  • Akses menggunakan command line (tidakharusclient-server)
  • Penyimpanan murni berbasis file (tidak menggunakan database/SQL)

Kelemahan dari Git :

  • Tidak Optimal untuk pengembang tunggal
  • Dukungan untuk Windows terbatas dibandingkan Linux

Untuk mempercepat pemahaman ini, daftar segera kursus komputer di Edusoft Center. Ada puluhan paket kursus dengan trainer yg handal dan berpengalaman.

Info selengkapnya bisa hubungi

Office : 0271 745 2187
No Simpati : 082 22922 2121 (WA )

atau

Bisa Langsung Registrasi Online lewat Formulir Online:
www.edusoftcenter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked*