Blog

Home  /  blog  /  Cara Mengatasi Akses API yang tidak berfungsi Bila diakses menggunakan perangkat android di Ionic Framework

Cara Mengatasi Akses API yang tidak berfungsi Bila diakses menggunakan perangkat android di Ionic Framework

Masalah tersebut muncul ketika aplikasi diakses menggunakan perangkat android, bisa jadi masalah tersebut disebabkan karena request aplikasi ke API yang terblokir.

Pada rilis Apache Cordova 4.0.0 untuk Android and iOS, kita diharuskan untuk melakukan whitelist pada resource external yang ingin kita gunakan dalam aplikasi, karena defaultnya seluruh resource external terblacklist.

Bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mengatasi masalah ini, kita hanya perlu menginstal Apache Cordova Whitelist Plugin pada project Ionic kita dengan cara mengetikkan perintah berikut ini di Ionic CLI :

cordova plugin add cordova-plugin-whitelist

Kemudian menambahkan Content Security Policy pada <meta> tag file index (www/index.html) seperti berikut ini:

<meta http-equiv="Content-Security-Policy" content="default-src *; style-src 'self' 'unsafe-inline'; script-src 'self' 'unsafe-inline' 'unsafe-eval'">

Dengan begitu external resource (API) yang digunakan di aplikasi tidak akan terblok, dan aplikasi akan berjalan sempurna.

Demikian share saya tentang cara mengatasi akses API yang tidak berfungsi di Ionic Framework. Semoga Bermanfaat.


Untuk mempercepat pemahaman ini, daftar segera kursus komputer di Edusoft Center. Ada puluhan paket kursus dengan trainer yg handal dan berpengalaman.

Info selengkapnya bisa hubungi

Office : 0271 745 2187
No Simpati : 082 22922 2121 (WA )

atau

Bisa Langsung Registrasi Online lewat Formulir Online:
www.edusoftcenter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked*