Blog

Home  /  blog  /  Bikin Aplikasi Smartphone Multi Platform Memakai HTML5 Beserta Apache Cordova

Bikin Aplikasi Smartphone Multi Platform Memakai HTML5 Beserta Apache Cordova

Bagi pengembang aplikasi pemula maupun developer yang menggunakan HTML5 untuk pengembangan aplikasi dapat mengembangkan juga aplikasinya ke platform mobile seperti iOS, Android, Windows Phone, Blackberry, dan lainnya dengan menggunakan alat yang dinamakan Apache Cordova.

 Apache Cordova sendiri berisikan satu set API perangkat yang memungkinkan developer dapat melakukan pengembangan aplikasi mobile dengan mengakses fungsi asli perangkat mobile seperti kamera maupun akselerometer dengan menggunakan JavaScript.

Selain itu, dengan kombinasi dari UI framework seperti JQuery Mobile, Dojo Mobile, atau Sencha Touch ini memungkinkan developer dapat mengembangkan aplikasi di perangkat mobile hanya menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript.

Dengan adanya Cordova API ini memungkin developer dapat membangun aplikasi mobile tanpa menggunakan kode native seperti Java, Objective-C, dan lainnya sehingga bisa dibilang developer dapat menggunakan teknologi web tanpa harus membangun ulang kode di bahasa pemrograman lain.

Nantinya aplikasi yang dikembangkan menggunakan Cordova masih dikemas sebagai aplikasi yang menggunakan platform SDK dan dapat dibuat tersedia untuk instalasi di berbagai toko aplikasi seperti Play Store, Apple App Store, Windows Phone Store, dan masih banyak lagi.

Menariknya, Apache Cordova ini menyediakan berbagai API plug-in untuk memudahkan developer dalam mengembangkan aplikasi dengan mengakses beberapa fungsi seperti status baterai, kamera, kontak, perangkat, akselerometer, kompas, sistem berkas, geolokasi, Media, informasi jaringan, dan lainnya.

Pembaca maupun developer dapat mempelajari penggunaan dan pengembangan dengan menggunakan alat ini dengan mengunjungi halaman resmi dokumentasi dari Apache Cordova. Dalam halaman ini pembaca dapat mempelajari dasar hingga impelementasi berbagai komponen yang dibutuhkan agar menjadi aplikasi yang dapat berjadi di berbagai perangkat mobile dengan lancar.

Untuk cara kerja dari aplikasi mobile yang telah dibuat menggunakan Apache Cordova adalah aplikasi yang dikembangkan dengan menggunakan HTML,CSS, dan JavaScript ini akan dibaca oleh Webview dan disaat yang bersamaan Cordova Plug-in juga dibaca. Selanjutnya akan langsung diteruskan ke sistem operasi perangkat mobile dan aplikasi siap digunakan oleh penggunanya.

Aplikasi mobile yang dikembangkan dengan menggunakan Apache Cordova ini dapat berjalan untuk platform Android, iOS, Windows Phone, Bada, Amazon Fire OS, Firefox OS, Mac OS X, Qt, Tizen, Ubuntu, WebOS, Windows (desktop), dan Browser.

Bagi pembaca maupun developer yang tertarik untuk mengembangkan aplikasi mobile dengan HTML, CSS, dan JavaScript dengan menggunakan alat ini dapat langsung mengunjungi situs resmi Apache Cordova.


Untuk mempercepat pemahaman ini, daftar segera kursus komputer di Edusoft Center. Ada puluhan paket kursus dengan trainer yg handal dan berpengalaman.

Edusoft Center sekarang pindah 
di Gedung Graha Prioritas Lt.5
Jalan Brigjen Slamet Riyadi, Sriwedari, Laweyan, Sriwedari, Surakarta, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141

Info selengkapnya bisa hubungi

No Simpati : 082 22922 2121 (WA )

atau

Bisa Langsung Registrasi Online lewat Formulir Online:
www.edusoftcenter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked*