Blog

Home  /  blog  /  Git? Masih Asing Di Telinga Anda? Berikut Penjelasannya

Git? Masih Asing Di Telinga Anda? Berikut Penjelasannya

Apabila mendengar kata ‘Git’, tentu menjadi hal yang asing karena memang di perkuliahan belum banyak yang mengajarkannya dalam kurikulum Informatika. Git merupakan version control system untuk pengembangan perangkat lunak yang telah digunakan secara luas. Git ditemukan oleh Linus Torvalds dan kawan-kawan. Saat ini umur Git sudah mencapai 10 tahun lebih.

Perlukah belajar Git? Sebenarnya penggunaan Git bergantung pada jumlah pengembang perangkat lunak. Jika pengembang perangkat lunak hanya satu orang dalam satu proyek maka tidak diperlukan. Sedangkan jika pengembang perangkat lunak tersebut lebih dari satu, bahkan puluhan orang maka Git sangat diperlukan. Didalam pengembang perangkat lunak, tentunya setiap orang punya tanggungjawab masing-masing. Ada yang mengurus struktur perangkat lunak, backend, network dan lain-lain. Git akan sangat dibutuhkan dalam tim pengembangan proyek perangkat lunak.

Git dalam kasus pengembang perangkat lunak menjadi kendali proyek perangkat lunak yang akan dibangun. Setiap orang dalam tim, bebas mengunggah hasil kerjanya. Jika tidak setujui oleh manajer proyek, mereka bisa berdiskusi mengapa hal tersebut tidak layak. Misal koding yang diunggah sulit dibaca oleh orang lain, biasanya gaya koding ini dipakai oleh One-liner. Manajer proyek bisa memberikan saran agar koding tersebut mudah dibaca oleh orang lain dalam tim pengembangan perangkat lunak tersebut.

Masalahnya, dimanakah tempat belajar Git? Walaupun dokumentasi Git sudah sangat baik, banyak orang belum bisa memahami Git secara praktikal. Kabar baiknya, kini beberapa situs sudah menyediakan kursus Git salah satunya CodeAcademy. Jika pembaca malas untuk membaca tulisan berbahasa Inggris, karya lokal seperti Codesaya juga menyediakannya.

Sebenarnya kursus Git sudah banyak, Ada banyak situs yang menyediakan kursus Git salah satunya:www.edusoftcenter.com .

Jika pembaca ingin pengembangan perangkat lunak yang lebih cepat dan terkendali, Git bisa menjadi salah satu solusinya. Selain kursus, situs penyedia Git juga sudah banyak. Sebut saja Github dan Bitbucket. Keduanya punya perbedaan untuk privasi repositori proyek. Jika perangkat lunak yang ingin dikembangkan bersifat privat, Bitbucket bisa menjadi salah satu pilihan. Sedangkan jika bersifat publik, pembaca bisa menggunakan Github. Walaupun keduanya memberikan layanan yang berbayar untuk repository proyek tingkat lanjut.

 


 

Untuk mempercepat pemahaman ini, daftar segera kursus komputer di Edusoft Center. Ada puluhan paket kursus dengan trainer yg handal dan berpengalaman.

Info selengkapnya bisa hubungi

Office : 0271 745 2187
No XL : 08180 4542 586 (WA & Telegram Ada)
No Simpati : 082 22922 2121

atau

Bisa Langsung Registrasi Online lewat Formulir Online:
www.edusoftcenter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked*